Download Disini

Sistem Tanaman Tumpang sari


Sistem Tanaman Tumpang sari
sistem pertanian tumpang sari
Sistem pertanian Tanaman tumpang sari adalah menanam tanaman lebih dari satu jenis dalam sebidang lahan,Beda umur (inter palnting)
Sebidang lahan,lebih dari 1 jenis tanaman beda umur, baris tanaman,umur genjah di antara tanaman, umur dalam.
Contoh:Ubi kayu vs Kedelai
        Jagung vs Bengkuang
*Keuntungannya adalah:
1.     Efisien TK,persiapan tanaman
       Pengerjaan lahan, pemeliharaan, pemupukan, dan pemungutan lebih mudah.
2.     Mudah di awasi,jarak tanam,antar barisan dalam barisan
3.     Jenis tanaman sedikit
4.     Waktu panen yang berbeda beda
*. Tanaman sejenis (Monoculture)
#Sebidang lahan, hanya satu jenis tanaman s/d panen JT, teratur/tidak teratur.
Contohnya: kakao, sawit, jagung, sawi dll

Tumpang sari adalah suatu bentuk pertanaman campuran (polyculture) berupa pelibatan dua jenis atau lebih tanaman pada satu areal lahan tanam dalam waktu yang bersamaan atau agak bersamaan. Tumpang sari yang umum dilakukan adalah penanaman dalam waktu yang hampir bersamaan untuk dua jenis tanaman budidaya yang sama, seperti jagung dan kedelai, atau jagung dan kacang tanah. Dalam kepustakaan, hal ini dikenal sebagai double-cropping. Penanaman yang dilakukan segera setelah tanaman pertama dipanen (seperti jagung dan kedelai atau jagung dan kacang panjang) dikenal sebagai tumpang gilir.
Tumpang sari dapat pula dilakukan pada pertanaman tunggal (monokultur) suatu tanaman perkebunan besar atau tanaman kehutanan sewaktu tanaman pokok masih kecil atau belum produktif. Hal ini dikenal sebagai tumpang sela (intercropping). Jagung atau kedelai biasanya adalah tanaman sela yang dipilih. Dalam kehutanan hal ini disebut sebagai wana tani. Suatu konsep serupa juga diterapkan bagi budidaya padi dan ikan air tawar yang dikenal sebagai mina tani. Baca materi pola tanaman


Sistem Tanaman Tumpang sari

1 komentar:

Tingalkan komentar anda....!!!!
Berkomentar lah yang sopan......!!!
Terimaksih Bagi yang follow blog, like fans page, follow gogle +, follow Twitter di blog ini, saya ucapkan Banyak Terima Kasih.....:)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More