Cara Membedakan anak Itik Jantan dan Betina

  
Cara Membedakan itik jantan dan itik betina/cara membedakan BebekItik Jantan dan bebek bitina  DOD (Day Old Duck)-Itik dikenal juga dengan istilah bebek dalam (bahasa jawa) nenek moyangnnya berasal dari amerika utara merupakan itik liar.(anas mascha)atau mild malard. terus menerus di jinakkan oleh manusia hingga jadilah itik dan di pelihara sekarang yang disebut aras demesticus (ternak itik). Jenis bibit unggul yang diternakan khususnya di Indonesia ialah jenis itik petelur seperti itik tegal,itik mojosari,itik bali,itik cu 2000-ina. 
Itik yang akan saya pelihara atau budidayakan adalah jeni itik yang dibudidayakan secara intensif atau yang lebih dikenal dengan pemeliharaan di lahan kering atau dikandangkan yang akan memberi keuntungan diantara itik tidak lagi di gembalakan di sawah untuk mencari makan sendiri.  pakan dan minum di sediakan di dalam kandang air untuk berenang itik di sediakan sehingga itik hanya memanfaatkan energi untuk memproduksi telur.
kali ini saya akan berbagi cara membedakan kelamin itik jantan dan itik betina..buat sobat yang ingin budidaya itik DOD harus bisa memilih jenih bibit itik jantan dan itik betina.bisanya itik betina harganya lebih mahal dari itik jantan.karena itik jantan tidak bisa bertelur..lansung saja baca artikelnya dibawa..

1.Hand sexing
Adalah cara memilah kelamin anak itik dengan cara membuka anus/kloaka. Jika terdapat benjolan kecil dianus maka anak itik ini berkelamin jantan, jika tidak ada maka berkelamin betina. Sexing dengan cara ini memiliki tingkat akurasi/ketepatan yang tinggi, tapi sedikit repot dan makan waktu lumayan lama. Kelemahan dari sistem ini adalah ketellitian dan waktu yang lama, Bayangkan jika yang dipilah berjumlah ratusan atau bahkan ribuan.
2.Bend sexing
Adalah memilah kelamin anak itik dengan memperhtikan tingkah anak itik. Termasuk dalam cara ini adalah membedakan warna bulu dan paruh anak itik. Bulu anak itik jantan lebih gelap dan kasar daripada anak itik betina. Warna paruh anak itik jantan abu-abu kehitaman, sedang anak itik betina lebih terang mirip warna bawang merah (bhs jawa : mbrambang). Dengan cara ini akan lebih mudah dan cepat dibanding cara nomer 1 /hand sexing. Namun jika ada keraguan maka cara nomer 1 dilakukan. Kelemahannya adalah biasanya cara ini dilakukan hanya peternak profesional saja sebab membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajari cara ini.
3.Voice sexing
Adalah pemilahan kelamin anak itik dengan membedakan suara yang dikeluarkan anak itik. Anak itik jantan bersuara serak, sedangkan anak itik betina nyaring. Cara ini membutuhkan latihan dan konsentrasi.

Demikian cara sederhana dalam sexing DOD (day old duck) waluppun saat ini di perusahaan besar telah menggunakan tekhnik perkawinan silang yang akan menghasilkan itik yang langsung bisa terdeteksi jantan maupun betina dari warna bulu.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to " Cara Membedakan anak Itik Jantan dan Betina"

Jika kalian kesulitan dalam mendapatkan file,mendownload file dan menginstal file anda dapat menghubungi saya
Tingalkan komentar anda....!!!!
Berkomentar lah yang sopan......!!!
Terimaksih Bagi yang follow blog, like fans page, follow gogle +, follow Twitter di blog ini, saya ucapkan Banyak Terima Kasih.....:)